Sunday, September 24, 2017

Kabupaten Gorontalo gelar pelatihan strategi pengembangan perpustakaan desa

Salah

satu upaya memberikan wawasan dan strategi kepada kepala desa dan aparat desa lainnya dalam mengimplementasikan program pembangunan dibutuhkan adanya pelatihan strategi pengembangan perpustakaan hal itu dikatakan Kepala Bidang perpustakaan daerah Kabupaten Gorontalo Ibu Dewi Idris SH MH
Pelatihan perpustakaan desa Kabupaten Gorontalo tahun 2017 di ruang layanan lantai dasar dinas perpustakaan  dan kearsipan Kabupaten Gorontalo Rabu 9 Agustus 2017 di buka Sekretaris Daerah.
Kepala Bidang Menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan menyamakan persepsi dalam implementasi kebijakan nasional pengembangan perpustakaan desa Selain itu meningkatkan pemberdayaan perpustakaan desa dengan terwujud dan gagasan program satu Desa satu perpustakaan kata dia.
Kemudian tujuan lainnya agar terjalinnya sinkronisasi program kabupaten dan desa dalam upaya pengembangan perpustakaan dan mencerdaskan masyarakat dengan budaya gemar membaca dan belajar seumur hidup
Dalam kegiatan tersebut diperkenalkan aplikasi integrated library system merupakan aplikasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI aplikasi inlislite merupakan perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital mengelola dan melayangkan koleksi digital.
Pemateri dalam kegiatan tersebut antara lain Bapak Yusron Humonggio, M.Pd ibu DR. Royana Monorfa, M.Pd keduanya adalah selaku pustakawan ahli.
Kepala Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gorontalo Dr Yahya Podungge. M.Pd. menyatakan bahwa tindak lanjut pembangunan perpustakaan digital dengan pelaksanaannya akan dimulai pada tahun anggaran 2018 Namun demikian di bulan Oktober ini akan dilakukan pembangunan perpustakaan digital di desa Tabongo Barat. Hadir dalam kesempatan itu kepala kepala desa antara lain kepala desa tabongo Timur yang menyampaikan bahwa di tahun 2018 ini mereka telah menganggarkan pembangunan perpustakaan desa sekaligus dengan pengembangan koleksi serta penerapan teknologi informasi.
Semoga saja upaya-upaya Sinergi dalam membangun perpustakaan Dalam mendukung visi Kabupaten Gorontalo akan terwujud di pemerintahan Nelson Fadli, semoga, amin

0 comments:

Post a Comment