Monday, November 19, 2012

SEJARAH KABUPATEN GORONTALO



  Sejarah singkat Kabupaten Gorontalo untuk pertama kali dibacakan pada  HUT Kab. Gorontalo yang ke 336 Tahun 2009 atas usul Bupati Gorontalo Bapak Drs. Hi. David Bobihoe Akib, MM, M.Sc dan pada waktu itu yang jadi petugas upacara adalah pimpinan SKPD, 
  Adapun Teks sejarah singkat Kab. Gorontalo adalah sb.

SEJARAH KAB. GORONTALO
Bahwa kesatuan masyarakat hukum Kabupaten Gorontalo dalam hukum adat tata Negara terutama lipu (negara) sebagai pengikat kesatuan masyarakat hukum dilihat  pada empat unsur yakni :  wilayah ,  rakyat ,  pemerintah  dan kedaulatan telah berlaku dalam pohala’a – pohala’a yang berlangsung sejak awal pemerintah kerajaan pada masing-masing pohala’a.
Pertama     : Kerajaan  Suwawa dimulai sejak raja Mokotambibulawa Tahun 668 M.
Kedua         : Kerajaan Limboto berlangsung sejak Raja Persatuan Limboto yakni Raja Tolangohula pada tahun 1320
Ketiga        : Kerajaan Bolango berlaku sejak raja pertama yakni Wintune pada tahun 1320
Keempat     : Kerajaan Atinggola sejak pemerintahan Raja Moodiyato pada tahun 1340
Kelima        : Kerajaan Boalemo sejak raja pertama yakni Raja Palowa pada tahun  Tahun 1720.
Pohala’a tersebut diatas yang selanjutnya menjadi wilayah pemerintahan kabupaten Gorontalo merupakan kesatuan masyarakat hukum Limo lo Pohalaa dengan keempat unsur lipu terutama unsur kedaulatan, baik kedaulatan defacto maupun kedaulatan deyure yang berlaku sejak tanggal 1 syawal 1034 H atau 12 Januari 1674 M, yakni 47 hari setelah ditanda tanganinya perjanjian U Duluwo Limo Lo Pohala’a pada 12 Sya’ban 1034  H atau 26 Nopember 1673.
Sidang huhulo’o lipu teto-teya, teya-teto yang dilangsungkan pada 1 syawal 1034 H tersebut adalah sidang bersama antara pohala’a dalam dengan pohala’a luar. Pohala’a dalam terdiri dari :
1.    Kerajaan Suwawa
2.    Kerajaan Limboto – Gorontalo
3.    Kerajaan Gorontalo – Limboto
4.    Kerajaan Atinggola dan
5.    Kerajaan Bolango
Sedang pohala’a luar terdiri dari  :
1.    Ternate
2.    Bolaang Mongondow
3.    Gowa
4.    Kaidipan Besar
5.    Kerajaan   Mandar
Sidang pertemuan antara pohala’a dalam dengan pohala’a luar merupakan pengakuan kedaulatan dari anggota pohala’a luar terhadap eksistensi kesatuan perserikatan pohala’a dalam U DULUWO LIMO LO POHALAA.
Penandatangan perjanjian U DULUWO LIMO LO POHALAA yang berlangsung tanggal 26 Nopember 1673. ditetapkan sebagai “Hari Ulang Tahun Kabupaten Gorontalo”.
     Sekian terimakah

1 comments: