Tuesday, October 10, 2023

Membangun Database Perpustakaan

 Apa itu database Perpustakaan ?

Database perpustakaan adalah sistem komputerisasi yang digunakan untuk mengelola koleksi buku, jurnal, video pembelajaran, surat kabar, dan sumber daya lainnya yang ada di perpustakaan. Database perpustakaan menyimpan informasi tentang koleksi yang tersedia, seperti judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, dan jumlah eksemplar.

Database perpustakaan juga digunakan untuk mengelola peminjaman buku, mencatat pengembalian buku, dan mengatur pemesanan buku. Sistem ini juga dapat digunakan untuk mencari informasi tentang buku yang tersedia di perpustakaan, mengelola data anggota perpustakaan, dan menyimpan data transaksi perpustakaan.

   Database perpustakaan dapat diakses secara online, sehingga siswa, guru, dan staf sekolah dapat mencari informasi tentang koleksi yang tersedia di perpustakaan 

   Database perpustakaan tertuang dalam aplikasi open source seperti Inlislite atau SLIMS.

Banyak pertanyaan tentang "Apakah pembangunan database dapat didanai melalui dana BOS" karena wujudnya adalah aplikasi di mana dalam juknis BOS dilarang membeli aplikasi.

Tentu saja jawabannya bisa sebab yang bayar adalah jasa tenaga ahli pembuatan database perpustakaan. Jadi bukan aplikasi, sebab kita bisa dapatkan aplikasi gratis di internet, Jadi yang dibayar bukan aplikasi tapi jasa tenaga ahli pembuatan database dan instalasi sistem pendampingan entry data dan cara pengoperasiannya.

Pengalaman penulis bergabung dengan komunitas SLIMS Gorontalo melakukan kegiatan belajar bersama dan mengembangkan perpustakaan umumnya tidak tuntas dan hal ini terkendala dengan pembangunan database yaitu pekerjaan entry data buku, entry anggota, membuat label, membuat bercode serta mencetak kartu anggota perpustakaan yang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Sehingga tidak heran jika ratusan pengelola perpustakaan sekolah yang telah mempelajari SLiMS atau Inlislite dan sudah online pengelola perpustakaan tidak mampu membuat database sampai dengan tuntas. alias ada aplikasinya namun kosong datanya (BO Gaya)

Untuk mengatasi hal tersebut kami dari komunitas telah berupaya mendirikan perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa tenaga ahli pembangunan database, serta mendirikan toko online SIPLah

SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah) adalah sistem elektronik yang digunakan untuk melakukan pengadaan barang/jasa oleh satuan pendidikan yang diakses melalui laman siplah.kemdikbud.go.id. Secara teknis laman SIPLah adalah portal, sehingga membutuhkan akun untuk login ke dalam system/aplikasi. Akun untuk login pada SIPLah mengambil akun aktif dari system pendataan Dapodik, atau Single Sign On (SSO).

SIPLah. tinggalkan komentar untuk konsultasi

0 comments:

Post a Comment