Monday, March 30, 2020

TIPS SUPAYA MEETING ONLINE SUKSES


Meeting online saat ini menjadi salah satu solusi pada WFH (Work from home)  . Dulu ketika sekumpulan orang hendak berdiskusi, mereka perlu duduk bersama untuk membahas beberapa hal. Namun, terkadang orang-orang tersebut tidak mampu duduk bersama dalam satu ruangan karena terpisah jarak waktu serta kesibukan masing-masing. Hingga akhirnya mereka menjadikan kegiatan ini sebagai solusi agar diskusi bisa tetap berjalan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
Tampaknya ada sedikit perbedaan ketika kita melakukan meeting lokal dan meeting virtual (online). Perlakuannya pun sedikit berbeda antara meeting biasa dengan meeting online. Karena tidak benar-benar berada dalam satu forum (walaupun terkoneksi satu sama lain dengan internet), meraka yang melakukan hal tersebut cenderung kurang fokus terhadap materi yang sedang dibahas.
Lalu, hal apa saja yang diperlukan supaya meeting bisa berjalan efektif?
Berikut ini beberapa solusi supaya meeting kamu bisa maksimal
Pertama Jaga Relevansi
Penyelenggara meeting punya peran besar ketika dalam sebuah meeting online. Hal-hal seperti waktu pelaksanaan meeting, tujuan meeting, orang-orang yang terlibat, serta topik bahasan yang padat, akan menentukan sukses atau tidaknya meeting online yang kita lakukan. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik adalah skill utama yang wajib Anda penuhi untuk melakukan baik meeting lokal dan virtual.
Jika kamu ditunjuk sebagai penyelenggara meeting online, pastikan hal-hal tersebut sudah siap dan jelas sebelum meeting berlangsung ya.
Kedua  Alur Meeting Anti bosan.
Poin ini cukup penting untuk diuraikan. Istilah “meeting” mungkin terkesan cukup kaku dan formal, walaupun sebenarnya topik yang dibahas tidak terlalu formal juga. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menyiapkan topik dengan alur yang jelas dan interaktif. Kalau topik yang disampaikan kurang jelas, bisa dipastikan orang-orang yang terlibat dalam meeting tidak fokus. Pembahasan pastinya akan keluar jalur dari topik yang dibahas.
Kamu bisa melakukan hal yang memancing interaksi peserta meeting dengan seperti melempar pertanyaan ringan. Dialog dua arah antara moderator dan peserta meeting cukup efektif untuk menyegarkan pikiran sebelum meneruskan pembahasan meeting.
Ketiga Jangan Multitasking
Karena meeting online dilakukan di tempat yang berbeda, kamu harus tetap menjaga supaya tetap kondusif ya. Perangkat yang kamu gunakan pasti memiliki banyak aplikasi, entah itu aplikasi media sosial, games, atau streaming music. Tapi ketika sedang melakukan meeting, pastikan kamu tidak sedang membuka aplikasi-aplikasi tersebut yaa.
Walaupun santai, kita tetap harus menjaga supaya meeting tetap kondusif. Fokus pada screen adalah salah satu cara biar meeting kamu bisa sukses. Jadi, usahakan tidak multitasking saat meeting berlangsung, karena hal itu akan membuat pecah konsenterasimu
Keempat Gunakan Aplikasi yang Mendukung
Gunakan aplikasi yang dapat mengakomodir kebutuhan, terutama saat melakukan meeting, pastikan peserta meeting memiliki perangkat, apilkasi dan koneksi internet, sehingga meeting online  jadi semakin seru, dan pasti bisa berjalan lancar dan sukses.
Semoga tips diatas bermanfaat ya.

Diambil dari berbagai sumber


0 comments:

Post a Comment