I.
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Salah satu faktor utama
dalam mewujudkan pemerintahan bersih (clean goverment) dan kepemerintahan yang
baik (good governance) adalah : partisipasi, transparansi, akuntabilitas,
kepastian hukum dan kesetaraan menjadi hal penting dalam penciptaan iklim
birokrasi yang sehat. Dalam konteks pembangunan system administrasi Negara.
Reformasi birokrasi sangat menentukan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Bagi pemerintah Kabupaten
Gorontalo reformasi birokrasi merupakan komitmen visi pembangunan sebagaimana
telah dituangkan pada rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah. Implementasi
reformasi birokrasi diwujudkan pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)
hingga tingkat kelurahan/desa.
Oleh
karena itu perlu diketahui persepsi pemustaka terhadap layanan Kantor Perpustakaan, Arsip Daerah Kabupaten Gorontalo. Diharapkan persepsi ini dapat menginterpretasikan mengenai
hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh
pemustaka dalam pemenuhan kebutuhan informasi mereka. Harapannya adalah agar
Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo dapat lebih maju
dan ikut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Dalam konteks ini, prinsip
pelayanan yang mencakup : mudah, transparan dan tepat waktu bukan sekedar
slogan, melainkan benar-benar menjadi kenyataan. Selama ini upaya perbaikan
layanan dilakukan dengan belum melibatkan assessment kebutuhan perbaikan
terlebih dahulu, sehingga perbaikan layanan terkesan dalam bentuk
tindakan-tindakan sporadic yang biasa saja tidak sesuai kebetuhan, untuk itu
pelaksanaan survey kepuasan pemustaka sebagai bagian dari assessment atas
kebutuhan perbaikan menjadi hal yang tidak hanya perlu dilakukan melainkan
penting. Dinamika selera dan preferensi pelanggan dalam hal ini masyarakat
selalu berkembang, sehingga perlu upaya-upaya untuk melakukan penyesuaian
berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka
penyesuaian itu harus ada indentifikasi kritis dalam bentu feed back dari pemustaka langsung karena pelayanan public harus
ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Kualitas dimaksud adalah
ketercapaian indikator-indikator mutu, sedangkan kuantitas yang dimaksud adalah
daya jangkau layanan. Kesemuanya ini membutuhkan keterlibatan semua pihak dalam
melakukan perbaikan layanan publik termasuk masyarakat yang berfungsi sebagai
pemustaka. Oleh sebab itu, survey ini juga merupakan opini publik terhadap
layanan yang diberikan selama ini.
Opini publik dimaksud
disusun sampai dengan mendapatkan indeks kepuasan masyarakat sebagai tolok ukur
untuk menilai tingkat kualitas pelayanan.
B. Dasar
Pelaksanaan
1.
Instruksi Presiden Republik
Indonesia Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
Aparatur Kepada Masyarakat.
2.
Keputusan Menpan Nomor
63/Kep/M/Pan/7/2003 tentang Pedoman umum penyelenggaraan Pelayanan Publik
3.
Keputusan Menteri Pendayagunaan
aparatur Negara nomor : Kep/25/M.Pan/2/2004 tanggal 24 Pebruari 2004 tentang
Pedoman Umum Penyusunan Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
4.
Keputusan Kepala Kantor
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo No. 170 tanggal 23 Nopember 2012 tentang
Pembentukan Tim Pelaksana Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (Pemustaka)
terhadap Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo.
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan Survey
Survey
ini bertujuan memperoleh informasi terukur indeks kepuasan pemustaka
(masyarakat) dalam memperoleh informasi pada Kantor Perpustakaan, Arsip dan
Dokumentasi Kabupaten Gorontalo, selanjutnya hasil survey berguna bagi :
a) Tingkat pencapaian kinerja unit pelayanan instansi
pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka
b) Penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan,
sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara lebih berkualitas, berdaya guna
dan berhasil guna
c) Tumbuhnya kreativitas, prakarsa dan peran serta
masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik
2. Manfaat Survey
Dengan
tersedianya data IKM secara periodik, dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :
a) Menemukenali kelemahan atau kekerungan dari
masing-masing unsur dalam penyelenggaraan pelayanan publik untuk kemudian
ditindaklanjuti dengan upaya-upaya perbaikan.
b) Mendapatkan informasi kinerja penyelenggaraan
pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik
c) Sebagai referensi perumusan kebijakan yang terkait dengan
optimalisasi layanan publik di Kantor Perpustakaan, Arips dan Dokumentasi
Kabupaten Gorontalo
d) Mendapatkan indeks kepuasan masyarakat secara
menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Pemerintah
Daerah
e) Memacu persaingan positif, antar unit penyelenggara
pelayanan pada lingkup Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan kinerja
pelayanan
f) Masukan kepada pihak pengelola perpustakaan mengenai hasil survey
terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pengunjung.
g) Bagi masyarakat dapat mengetahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan
II.
METODE SURVEY
A.
WAKTU DAN LOKASI PENELITIAN
Survey
kepuasan masyarakat ini dilaksanakan mulai tanggal 3 Desember 2012 s/d 17
Januari 2013 di
Lokasi Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Gorontalo Kantor Perpustakaan, Arsip
dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo.
B.
ARAH KEBIJAKAN
Survey ini dilaksanakan dengan mengumpulkan data
primer melalui wawancara dan penyebaran kuisioner, agar penelitian ini dapat
memberikan gambaran yang cukup representatif, maka cakupan (populasi) survey
adalah anggota perpustakaan yang aktif mengunjungi perpustakaan. Mengingat
banyaknya populasi yang menjadi target survey yakni 2266 orang maka dilakukan
sampel dengan cara menggunakan (multistage
random sampling) dengan sampel kelompok (cluster sampling).
Penarikan sample dilakukan dengan menggunakan
formula sebagai berikut :


(1 + N.e) e = Eror Samping (0.05)
berdasarkan perhitungan dengan menggunakan formula
diatas maka jumlah responden seluruhnya berjumlah 40.
C.
PROGRAM UTAMA
Teknik analisis data
dilakukan melalu dua cara yakni : Analisis data berdasarkan Kepmen Nomor :
Kep/25/M.Pan/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat
Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, teknik ini dilakukan untuk memperoleh
indeks kepuasan masyarakat yang objektif dan komprehensif.
1)
Teknik analisis data berdasarkan Kepmen Nomor : Kep/25/M.Pan/2/2004
Jumlah
Bobot

Jumlah
Unsur
![]() |
Total
dari Nilai Persepsi Per
Unsur

Total
Unsur yang terisi
Tabel Nilai Persepsi,
Interval IKM, Interval Konversi IKM,
Mutu Pelayanan dan Kinerja Pelayanan
NILAI
PERSEPSI
|
NILAI
INTERVAL IKM
|
NILAI
INTERVAL KONVERSI IKM
|
MUTU
PELAYANAN
|
KINERJA
UNIT PELAYANAN
|
1
|
1,00
- 1,75
|
25 –
43,75
|
D
|
Tidak
Baik
|
2
|
1,76
– 2,50
|
43,75
– 62,50
|
C
|
Kurang
Baik
|
3
|
2,51
– 3,25
|
62,51
– 81,25
|
B
|
Baik
|
4
|
3,26
– 4,00
|
81,26
– 100,00
|
A
|
Sangat
Baik
|
III.
HASIL SURVEY
Berdasarkan hasil perhitungan indeks kepuasan
masyarakat, jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai
rata-rata setiap unsur pelayanan, sedangkan nilai indeks komposit (gabungan)
untuk setiap unit pelayanan merupakan jumlah nilai rata-rata dari setiap unsur
pelayanan dialikan dengan penimbang yang sama yaitu 0,071. Berikut ini adalah
tabel hasil pengolahan Pelayanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gorontalo.
TABEL
1.
HASIL KUESIONER EVALUASI LAYANAN
NO
|
UNSUR PELAYANAN
|
NILAI UNSUR PELAYANAN
|
KINERJA UNSUR
PELAYANAN
|
BOBOT
|
(3)*(5)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
Prosedur Pelayanan
|
3,45
|
Baik
|
0,071
|
0,24
|
2
|
Kesamaan
Persyaratan Pelayanan
|
3,18
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
3
|
Kejelasan Petugas Pelayanan
|
3,20
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
4
|
Kedisiplinan Petugas Pelayanan
|
3,23
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
5
|
Tanggung
Jawab Petugas
|
3,23
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
6
|
Kemampuan
Petugas
|
3,20
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
7
|
Kecepatan
Pelayanan
|
3,20
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
8
|
Keadilan
Pelayanan
|
3.20
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
9
|
Kesopanan
dan Keramahan
|
3,30
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
10
|
Kewajaran
Biaya Pelayanan
|
3,30
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
11
|
Kesesuain
antara biaya
|
3,28
|
Baik
|
0,071
|
0,23
|
12
|
Ketepatan
Pelaksanaan waktu Pelayanan
|
3,45
|
Baik
|
0,071
|
0,24
|
13
|
Kenyamanan
pelayanan
|
3,43
|
Baik
|
0,071
|
0,24
|
14
|
Keamanan
Pelayanan
|
3,24
|
Baik
|
0,071
|
0,24
|
Nilai Indeks
|
3,26
|
||||
NILAI IKM
|
81,52
|
||||
Mutu pelayanan
|
A
|
||||
Kinerja unit pelayanan
|
Sangat Baik
|
Dari hasil penelitian
menunjukkan nilai indeks untuk pelayanan di Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
Kabupaten Gorontalo adalah 3,26. Apabila
nilai tersebut dikonversikan dengan nilai dasar 25 maka hasilnya adalah 81.50.
Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa mutu pelayanan di
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
Kabupaten Gorontalo adalah A, ini berarti bahwa kinerja pelayanan di
Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo adalah Sangat Baik.
Dengan demikian nilai indeks unit
pelayanan dari 11 indikator hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut :
a. Nilai
IKM setelah dikonversi = Nilai Indeks x Nilai Dasar = 3,26 x 25 = 81,52
b. Mutu
Pelayanan A
c. Kinerja
Unit Pelayanan Perpustakaan Sangat Baik
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil analisis sebagaimana dalam bahasan hasil penelitian, maka dpat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1.
IKM pada Kantor Perpustakaan, Arsip dan
Dokumentasi Kabupaten Gorontalo sebesar 81,52 (kategori A) hal ini meningkat
jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya hanya sebesar 64,21 (kategori B) ini
menunjukkan bahwa masyarakat sudah mencapai nilai ideal dengan predikat atau
tingkatan Sangat Memuaskan.
2.
Ada
beberapa unsur layanan yang dibawah rata-rata capaian yang harus dapat
diperhatikan antara lain kejelasan dan kepastian petugas, kedisiplinan,
tanggungjawab, keadilan, kemudahan memperoleh informasi dan tersedianya
informasi tersebut. Termasuk komentar pemustaka yang mengharapkan pembenahan
dan perluasan ruang kantor dan penambahan koleksi serta fasilitas-fasilitas
yang mempermudah pemustaka dalam mengakses layanan.
3.
Dengan demikian hal-hal yang berkenaan
dengan aspek ini seperti : kejelasan prosedur, tata urutan, jenis layanan dan
tindaklanjut keluhan saran telah memenuhi harapan pemustaka, sehingga perlu
diperhatikan dan lebih baik ditingkatkan terus.
B.
Rekomendasi
Berdasarkan
kesimpulan diatas, maka rekomendasikan hal-hal sebagai berikut :
1.
Perlu adanya Pengembangan Kantor
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo pada penataan dan
perluasan kantor yang representatif dari segi kenyamanan pemustaka, serta
penambahan koleksi baik koleksi pustaka maupun pustaka digital.
2.
Dalam rangka mewujudkan komitmen
reformasi pelayanan publik ke arah yang lebih baik, maka survey tentang opini
publik dalam hal kepuasan masyarakat atas pelayanan di Kantor Perpustakaan,
Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gorontalo akan dipertahankan dan ditingkatkan secara
berkesinambungan.
KEPALA
KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP
DAN
DOKUMENTASI KAB. GORONTALO
YUSRON HUMONGGIO,
M.Pd
PEMBINA
TKT. I IV/b
Solusi antrian dengan sistem antrian komputer dan android menggunakan tombol dan touchscreen seperti di BANK, PUSKESMAS, RUMAH SAKIT, PELAYANAN PAJAK,TOKO,dan lain"
ReplyDeletesistemantrian.com
klik> sistem antrian
Klik> mesin antrian
Klik> mesin antrian android
Klik> sistem antrian android
Klik> mesin antrian jakarta
Klik> mesin antrian touchscreen
Klik> sistem antrian touchscreen